Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Alasan Orang Memilih Childfree ? Berikut Ulasannya

Alasan Menjadi Childfree

Belakangan ini jagat maya tengah dihebohkan dengan statement salah satu content creator yang membahas dan menerapkan child free dalam kehidupan dengan pasangannya. Namun pernahkah kita bertanya, mengapa banyak pasangan memilih childfree atau berkomitmen tidak memiliki keturunan.

Childfree atau tidak memiliki anak adalah pilihan yang semakin banyak diambil oleh pasangan di masa kini. Sebaliknya, di masa lalu, memiliki anak dianggap sebagai suatu tugas yang wajib dan merupakan salh satu faktor menentukan kebahagiaan hidup. Namun, dengan berkembangnya zaman saat ini, masyarakat semakin terbuka dengan berbagai macam pilihan hidup salah satunya yaitu pilihan untuk tidak memiliki anak.

Ada beragam alasan mengapa seseorang memilih untuk tidak memiliki keturunan, mulai dari alasan finansial, kesehatan, psikologis, hingga alasan pribadi. Sebagian besar orang yang memilih untuk childfree tidak ingin mengorbankan kebebasan dalam kehidupan pribadi mereka. Kehidupan tanpa anak akan memungkinkan mereka untuk melakukan apa saja yang diinginkan tanpa harus memikirkan tanggung jawab yang diemban sebagai orang tua.

Selain itu, memiliki anak juga berarti memiliki tanggung jawab yang besar. Anak memerlukan perhatian dan waktu yang intensif dari orang tua. Bagi beberapa orang, memiliki anak membutuhkan waktu ekstra sehingga dapat mengorbankan karir dan masa depan mereka. Beberapa pasangan yang memilih untuk childfree pada umumnya ingin mengejar minat atau menikmati hidup tanpa terganggu oleh tanggung jawab sebagai orang tua.

Secara spesifik banyak alasan yang melatar belakangi mengapa orang memilih untuk menjadi childfree. Namun berikut ini merupakan eberapa alasan umum mengapa seseorang memilih menjadi childfree dengan pasangannya :

1. Kebutuhan akan kebebasan dan independensi

Sebagian besar orang yang memilih untuk menjadi childfree merasa bahwa memiliki anak akan menghalangi kebebasan mereka dalam hal waktu dan uang. Oleh karena itu mereka tidak ingin terikat pada tanggung jawab sebagai orang tua yang menyita sebagian besar waktu ddengan biaya yang besar.


2. Fokus pada karir

Banyak orang yang memilih untuk menjadi childfree karena dilatarbelakangi oleh keinginan untuk fokus pada karir atau minat yang mereka jalani dalam kehidupan. Mereka tidak ingin terganggu oleh tanggung jawab orang tua dan ingin meraih kesuksesan pada karir atau bidang yang ditekuni.


3. Ketakutan akan krisis lingkungan dan krisis manusia

Dalam era yang semakin tidak stabil dan bergejolak seperti sekarang ini, banyak orang melihat jauh kedepan yang menjadi khawatir dengan kemungkinan terjadinya krisis lingkungan dan krisis manusia yang dapat terjadi di masa depan. Beberapa orang memilih untuk tidak memiliki anak karena mereka merasa tidak yakin bahwa dunia di masa yang akan datang adalah tempat yang aman dan stabil untuk tumbuh dan berkembang.


4. Masalah kesehatan atau genetik

Ada beberapa orang yang memilih untuk menjadi childfree atau tanpa keturunan karena khawatir akan masalah kesehatan atau genetik yang mungkin dapat menrunkan risiko penyakit atau kondisi tertentu kepada anak mereka. Selain itu beberapa pasangan childfree ingin fokus pada menjaga kesehatan mereka sendiri.


5. Tidak memiliki ketertarikan atau tidak ingin menjadi orang tua

Beberapa orang memilih untuk menjadi childfree karena mereka tidak memiliki ketertarikan atau minat untuk menjadi orang tua. Ini mungkin karena menjadi orang tua membutuhkan tanggung jawab yang besar sehingga mereka merasa tidak mampu menjalankan peran sebagai orang tua dengan baik atau karena tidak ingin memasuki fase kehidupan yang membutuhkan banyak komitmen dan tanggung jawab sebagai orang tua.


Keputusan untuk menjadi childfree  atau tanpa keturunan kembali lagi merupakan pilihan pribadi masing-masing individu yang perlu dihormati. Tidak ada satu cara hidup yang secara mutlak benar atau salah, dan setiap orang memiliki hak untuk membuat keputusan tentang kehidupan mereka sendiri. 

Namun, keputusan untuk tidak memiliki anak bukanlah keputusan yang mudah. Banyak orang yang memilih untuk childfree mengalami banyak tekanan dari masyarakat dan bahkan anggota keluarga mereka sendiri yang seringkali menanyakan tentang alasan mengapa mereka tidak memiliki anak atau diberikan saran yang tidak diminta tentang pentingnya memiliki keturunan.