Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Berhemat Untuk Anak Kost

Tinggal di perantauan yang jauh dari orang tua, keluarga dan sanak famili tentunya mengharuskan kita untuk dapat hidup mandiri dan melakukan banyak hal sendiri. Untuk kalian yang tinggal di perantauan tentunya banyak yang memilih untuk menyewa tempat singgah berupa kostan atau lebih sederhana dikenal dengan"Anak Kost". Anak kost sering menghadapi beberapa tantangan seperti biaya hidup yang tinggi dan keterbatasan ruang, tetapi juga memiliki banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam menentukan gaya hidup mereka.

Cara Ampuh Berhemat Untuk Anak Kost

Untuk membantu anak kost mengatasi tantangan dan mengelola pengeluaran mereka, mereka perlu belajar bagaimana berhemat dan mengelola keuangan dengan baik. Ini termasuk membuat anggaran bulanan, mencari tawaran dan diskon, dan mencari cara untuk menghemat uang pada biaya sehari-hari seperti makan dan transportasi.

Berikut ini beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan oleh anak kost perantauan untuk menghemat pengeluaran bulanan.


1. Mengatur anggaran pengeluaran

Membuat anggaran bulanan merupakan cara paling sederhana mengetahui alokasi biaya yang dikeluarkan sehingga dapat mengatur keluarnya uang dengan lebih bijak dan pastikan untuk mematuhi rencana anggaran tersebut. Cara yang dapat dilakukan yaitu mencatat semua pengeluaran dan sisihkan uang untuk keperluan penting seperti makan, transportasi, dan biaya kost.


2. Menggunakan transportasi umum

Menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta merupakan salaha satu cara untuk menghemat pengeluaran pada transportasi sehingga tidak perlu membeli bahan bakar dan memelihara kendaraan pribadi secara rutin.


3. Menghemat pengeluaran untuk konsumsi

Makanan atau konsumsi merupakan salah satu pengeluaran terbesar bagi anak kost. Namun pengeluaran tersebut dapat dihemat dengan mengolah bahan makanan dan memasak sendiri di kost, ini lebih hemat daripada makan di luar setiap hari. Selain lebih hemat memasak sendiri juga lebih sehat karena kita mengetahui bahan-bahan yang digunakan.


4. Berkonsultasi dengan pemilik kost

Sebelum menempati kostan perlunya berkonsultasi dengan pemilik kost tentang biaya listrik, air, dan internet untuk memastikan bahwa biaya bulanan tersebut dapat masuk kedalam anggaran bulanan atau tidak.


5. Hindari membeli barang yang tidak diperlukan

Karena bebas dalam memilih gaya hidup, seringkali anak kost sulit mengontrol pengeluaran yang tidak diperlukan seperti pakaian baru, peralatan elektronik yang mahal, atau tergoda flash sale online shop.


6. Cari tawaran dan diskon

Jangan ragu untuk mencari tawaran harga dan diskon untuk membeli barang yang dibutuhkan dengan harga yang jauh lebih murah. Namun pastikan barang yang dibeli masuk kedalam list barang kebutuhan.


Ingatlah bahwa menghemat uang bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan membuat rencana dan mematuhi anggaran, Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda. Itulah beberapa tips dan cara yang dapat dilakuakn 'Anak Kost' Untuk menghemat biaya bulanan.