Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri HP Android Terkena Virus

Ciri HP Android Terkena Virus


Malware, virus jahat yang tidak terlihat, dapat mengancam ponselmu tanpa sepengetahuanmu. Meskipun begitu, ada beberapa gejala yang dapat menunjukkan bahwa ponselmu terkena ancaman virus malware. Mungkin seringkali kita kurang terbiasa memperhatikan tanda-tanda tersebut, tapi sangat penting untuk mengetahuinya agar dapat melindungi ponsel kesayangan dari ancaman virus yang berbahaya. Berikut ini merupakan berapa ciri bahwa ponsel Android terkena virus yaitu.


1. Ponsel Menjadi Lambat dan Tidak Responsif

Ponsel Android yang terkena virus seringkali akan berjalan dengan lambat dan tidak responsif. Hal tersebut dikarenakan kinerja ponsel yang meningkat karena menjalankan aplikasi atau program virus yang tersembunyi.


2. Muncul Pop-up iklan

Salah satu tanda ponsel terkena virus yaitu munculnya banyak iklan pop-up yang tidak dikenal secara tiba-tiba.


3. Aplikasi yang tidak dikenal muncul

Muncul aplikasi yang tidak dikenal dan tidak dapat dihapus merupakan salah satu tanda ponsel kalian terkena virus.


4. Panggilan dan SMS spam

Dalam beberapa kasus ponsel yang terkena virus akan menerima panggilan dan SMS spam yang tidak diinginkan.


5. Redirect browser

Saat menjelajahi internet, jika ponsel yang terkena virus seringkali akan dialihkan atau di direct menuju ke situs web tertentu.


6. Baterai yang Cepat Habis

Ponsel Android yang terkena virus seringkali akan membuat baterai cepat habis karena virus memakan banyak sumber daya pada ponsel akibat program tersembunyi yang bekerja pada ponsel.


7. Kerusakan Data dan File

Salah satu hal yang paling fatal jika ponsel terkena virus yaitu virus dapat mengambil atau merusak data pribadi Anda, seperti kontak, foto, dan file pada folder perangkat penyimpanan.


Itulah beberapa ciri dan tanda jika ponsel android kalian terjangkit virus. Jika kalian melihat beberapa dari ciri-ciri diatas pada ponsel Android kalian, maka itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa ponsel Anda terkena virus. Sebaiknya segera scan ponsel Anda dengan aplikasi anti-virus dan lakukan pembersihan untuk menghapus virus yang ada. Untuk meminimalisir terkena virus, jangan pernah mengunduh atau memasang aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya untuk mencegah virus masuk ke ponsel Anda.