Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai Untuk Menjaga Lingkungan

Cara Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai Untuk Menjaga Lingkungan

Sampah plastik merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari hari. Sampah plastik sebagian besar disumbang oleh limbah domestik rumah tangga yang sebagian besar menggunakan bahan plastik sekali pakai sebagai kemasan atau wadah yang digunakan dalam berbagai macam produk mulai dari kemasan makanan, minuman, sabun, plastik kemasan pembungkus dan berbagai macam penggunaan plastik sekali pakai lainnya yang sering kita gunakan.

Sampah plastik menjadi masalah global yang semakin meningkat sepanjang waktu seiring dengan semakin tingginya konsumsi penggunaan plastik di seluruh dunia. Setiap tahunnya, miliaran ton sampah plastik dihasilkan, dan sebagian besar diantaranya berakhir di lautan dan tempat pembuangan akhir, sangat mengancam ekosistem karena mencemari lingkungan dan membahayakan kehidupan ekosistem di bumi.

Tidak hanya itu, salh satu masalah dalam penggunaan plastik juga berdampak pada kesehatan manusia khususnya dalam jangka panjang penggunaan plastik. Bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalam plastik dapat terlepas atau bereaksi ke dalam makanan dan minuman yang dikemas dalam plastik, sehingga meningkatkan risiko penyakit kronis jangka panjang seperti kanker dan gangguan hormonal.

Mengingat urgensi yang tinggi terhadap penangan dan pengelolaan sampah plastik, oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kesehatan, terdapat beberapa cara dan langkah-langkah harus diambil untuk meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah plastik sekali pakai :

1. Membawa Kantong Belanja Sendiri

Membawa kantong belanja merupakan salah satu langkah kecil dan budaya yang harus diterapkan untuk mengurangi sampah plastik. Saat pergi berbelanja di pasar, supermarket atau minimarket, selalu membiasakan membawa tas belanjaan sendiri untuk wadah penampung belanjaan daripada menggunakan kantong plastik sekali pakai dari toko. Kelebihan utama kantong belanja yaitu dapat digunakan berulang kali dan membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan terlebih jika banyak orang yang mulai sadar langkah kecil tersebut.


2. Hindari Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik adalah salah satu produk plastik sekali pakai yang paling banyak digunakan, terutama dalam minuman dingin. Mungkin terlihat kecil dan sepele, namun jika sedotan plastik digunakan oleh jutaan orang di dunia tentunya menghasilkan jumlah sampah plastik yang menghawatirkan. Oleh karena itu mulai dari sekarang cobalah untuk menghindari penggunaan sedotan plastik dengan membawa sedotan stainless yang dapat digunakan kembali atau minum langsung dari gelas.


3. Menggunakan Botol Minum Berulang Kali

Menggunakan botol minum berulang kali adalah alternatif yang lebih baik daripada membeli air dalam botol plastik sekali pakai. Botol minum dapat diisi ulang dan dapat digunakan berulang kali, sehingga dapat mengurangi jumlah penggunaan kemasan botol plastik yang dibuang. Selain mengurangi sampah plastik, dengan menggunakan botol minum isi ulang dapat lebih menghemat daripada membeli air dalam kemasan dengan harga yang lebih mahal.


4. Menggunakan Pengganti Plastik

Banyak alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan pengganti plastik, misalnya seperti kantong belanjaan yang dapat terbuat dari bahan kain atau jaring, botol minum yang terbuat dari logam atau kaca yang dapat di daur ulang, dan sedotan dari bambu atau logam. Untuk mengurangi penggunaan plastik, cobalah untuk mencari alternatif bahan yang dapat digunakan berulang kali sebagai pengganti plastik dan meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai.


5. Membuang Sampah dengan Benar

Ketika membuang sampah, pastikan untuk selalu memilah antar sampah organik dan non-organik serta membuangnya dengan benar sesuai dengan tempatnya. Dengan membuang sampah pada tempatnya dengan benar, kita dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang mencemari lingkungan karena proses pemilahan sampah plastik dapat dilakukan dengan baik dan menghindari campuran sampah yang mempersulit proses pemilahan sampah.


Itulah beberapa cara dan langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi pengguaan sampah plastik. Kesimpulannya, dengan meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai dapat membantu meningkatkan kualitas hidup kita dan planet yang kita tinggali khsusunya dalam jangka panjang. Dengan mengambil langkah-langkah sederhana seperti membawa tas belanjaan sendiri dan menggunakan botol minum berulang kali, kita dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan dan menjaga lingkungan yang sehat dan lestari. Pastikan menggunakan plastik dengan bijak dan bertanggung jawab.