Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Minuman Yang Bermanfaat Menurunkan Kolesterol

Selain enak, tujuh minuman ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan Anda. Jika Anda baru saja menikmati makanan berlemak dan berkolestrol tinggi, berikut ini adalah minuman yang tepat untuk Anda. Sebab mengonsumsi minuman penurun kolesterol adalah salah satu cara efektif untuk mencegah kenaikan kolesterol yang dapat berbahaya bagi kesehatan jantung dan tubuh.

Menurut Medical News Today, berikut ini adalah tujuh minuman yang baik diminum untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda minum setelah makan-makanan berlemak berkolestrol tinggi.

1. Smoothie Berry

Smoothie Berry

Buah beri seperti strawberry, blackberry, blueberry, dan raspberry rendah kalori dan lemak dan kaya akan antioksidan dan serat, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol. Cara membuatnya relatif sangat mudah yaitu dengan mencampur setengah cangkir susu rendah lemak atau yoghurt rendah lemak dengan dua genggam buah beri, atau sekitar 80 gram, dengan air dingin.

2. Jus Tomat

Jus Tomat

Tomat mengandung likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL. Anda dapat makan tomat sebagai makanan pendamping atau membuat jusnya.

3. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Para peneliti menemukan fakta bahwa mengonsumsi teh hijau yang lebih banyak terkait dengan tingkat kadar kolesterol LDL lebih rendah. Selain itu, penelitian tahun 2021 menemukan bahwa teh hitam juga dapat menurunkan kolesterol.

4. Minuman Kedelai

Minuman Kedelai

Kedelai tidak mengandung banyak lemak jenuh, jadi Anda dapat menurunkan kadar kolesterol dengan mengonsumsi berbagai olahan kedelai yang tidak mengandung banyak lemak jenuh. Kedelai juga dapat dibuat menjadi minuman, seperti susu kedelai. Banyak produk susu kedelai ini aman untuk dikonsumsi setelah mengonsumsi makanan yang tinggi kolestrol.

5. Minuman Kakao

Minuman Kakao

Kakao atau cokelat hitam adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung kolesterol baik (HDL) yang tinggi serta menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Namun, penting untuk selalu memperhatikan daftar nutrisi di kemasan minuman cokelat dan pastikan tidak mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Pertimbangkan juga untuk mengurangi jumlah gula dan garam yang ditambahkan ke dalam minuman.

6. Minuman Gandum

Minuman Gandum

Minuman kedelai dan cokelat hitam bukan satu-satunya pilihan; minuman oat atau gandum yang mengandung beta-glukan juga merupakan pilihan lain yang dapat dipilih untuk menutunkan kolestrol jahat. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan zat seperti gel di dalam usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Serat larut ini dapat menghambat proses penyerapan kolesterol serta dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL.

7. Smoothie Susu Nabati

Smoothie Susu Nabati

Minuman terakhir yang dapat dicoba, yaitu smoothie susu nabati. Membuat smoothie susu nabati yaitu dengan menggunakan bahan-bahan nabati seperti pisang, melon, mangga, anggur, plum, atau labu kuning yang kemudian dicampurkan dengan susu kedelai atau susu oat.


Itulah tujuh minuman yang menurunkan kolesterol yang baik untuk diminum setelah pesta barbeque. Semoga malam tahun baru Anda tetap sehat dengan sajian lezat!