Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah

Mengandung antioksidan, daun sirih merah memiliki banyak manfaat, mulai dari mengobati batuk hingga mempunyai khasiat menurunkan gula darah yang tinggi. Daun sirih merah tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tetapi juga digunakan sebagai salah satu obat herbal yang banyak digunakan. 

Menurut Penelitia yang dilakukan oleh Asian Journal of Pharmaceutical Research and Development, daun sirih merah memiliki beberapa kandungan zat yang bermanfaat seperti minyak esensial, tanin, polifenol, dan flavonoid. Daun sirih merah dianggap memiliki sifat pengobatan karena kandungan yang terdapat di dalam daun sirih merah.. 

Daun sirih merah memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yaitu : 

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

1. Mengobati batuk


Untuk menggunakan daun sirih merah sebagai pengobatan batuk, siapkan sepuluh lembar daun sirih merah yang belum terlalu tua dan rendam dalam alkohol 70% selama tiga puluh menit untuk membunuh bakteri. Kemudian, rebus daun sirih merah dengan empat gelas air kemudian tambahkan 100 gram gula, rebus sampai mendidih dan buang air satu gelas. Satu sendok ramuan harus dikonsumsi tiga kali sehari.


2. Sariawan dan Gusi Berdarah 


Daun sirih merah memiliki manfaat sebagai obat alami untuk mengobati sariawan dan gusi yang berdarah. Anda hanya perlu menyiapkan lima lembar daun sirih merah, cucinya, lalu rebusnya dengan dua gelas air. Setelah mendidih, ambil satu gelas airnya dan dinginkan, lalu gunakan air rebusannya untuk kumur sebanyak tiga kali sehari.


3. Menurunkan Gula Darah 


Diabetes dapat mengonsumsi daun sirih merah. Ini karena daun sirih merah memiliki kandungan zat alkaloid dan flavonoid yang membantu tubuh menurunkan gula darah. Anda hanya perlu menyiapkan tiga lembar daun sirih merah yang setengah tua untuk mendapatkan manfaatnya. Kemudian daun sirih merah dipotong tipis dan rebus dengan tiga gelas air (600 ml). Rebus sampai mendidih dan sisihkan sekitar setengah gelas air. Minum setengah gelas air rebusan daun sirih merah setiap tiga kali sehari setelah makan. 


4. Menyembuhkan Luka 


Daun sirih merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik, yang menjadikannya senyawa yang penting dalam penyembuhan luka. Selain itu, senyawa tanin dalam daun sirih merah juga membantu membentuk kolagen, yang membuat luka lebih cepat tertutup.


Itulah beberapa manfaat dun sirih merah bagi kesehatan. Oleh karena itu menjga kesehatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar tubuh tetap bugar setiap hari.