Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rahasia Hidup Bahagia dengan Gaji UMR

7 Rahasia Hidup Bahagia dengan Gaji UMR

Hidup bahagia dengan gaji UMR mungkin terasa bagaikan seperti mimpi bagi sebagian orang. Apalagi ditengah serba naiknya harga kebutuhan pokok diikuti dengan inflasi, oleh karena itu mengatur keuangan dengan gaji UMR bisa menjadi tantangan tersendiri terlebih bagi yang sudah berkeluarga.

Namun, bukan berarti kebahagiaan tidak bisa diraih dengan gaji UMR. Untuk kalian yang sedang atau masih menerima gaji UMR Berikut 7 tips yang bisa membantu agar hidup menjadi lebih bahagia dengan gaji UMR:

1. Buatlah Budget yang Realistis

Langkah pertama untuk hidup bahagia dengan gaji UMR adalah dengan membuat budget yang realistis dan terencana. Catatlah semua pemasukan dan pengeluaran yang masuk, kemudian susun dan rencanakkan anggaran yang sesuai dengan pos pengeluaran bulanan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial dan sumber daya yang kalian miliki.


2. Prioritaskan Kebutuhan, Hindari Gaya Hidup Konsumtif dan Gensi

Penting untuk dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi. Hindari gaya hidup konsumtif dan gengsi semata seperti membeli barang-barang yang tidak benar-benar dibutuhkan.


3. Masak Sendiri di Rumah

Memasak sendiri di rumah merupakan cara yang terbukti efektif untuk menghemat pengeluaran bulanan. Hindari makan di luar terlalu sering, karena dapat membuat pengeluaran anda membengkak. Anda bisa mencari referensi resep masakan yang mudah dan murah di internet atau buku masak. Selain itu memasak makanan dirumah lebih sehat karena kebersihan dan gizi makanan dapat kita ketahui.


4. Manfaatkan Transportasi Umum

Jika memungkinkan, gunakanlah transportasi umum untuk bepergian. Menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, atau angkot jauh lebih murah dan menghemat pengeluaran daripada menggunakan kendaraan pribadi yang memerlukan bahan bakar, perawatan dan biaya tidak terduga lainnya.


5. Cari Hiburan yang Murah atau Gratis

Ada banyak cara untuk dapat bersenang-senang tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Beberapa aktifitas dapat dilakukan dengan murah dan gratis seperti mengunjungi taman, berolahraga, menonton film di rumah, atau membaca buku.


6. Kembangkan Hobi yang Menghasilkan Uang

Jika Anda memiliki hobi, coba kembangkan hobi tersebut menjadi sesuatu yang dapat berpotensi menghasilkan penghasilan tambahan. Anda bisa menjual hasil karya atau jasa secara online atau offline.


7. Bersyukur dan Nikmati Kehidupan

Kebahagiaan tidak selalu datang dari harta benda yang bersifat materil. Kebahagian sejati dapat diperoleh dengan senantiasa bersyukur atas apa yang Anda miliki dan nikmati setiap momen berharga dalam hidup Anda bersama keluarga dan orang terkasih.


Hidup bahagia merupakan suatu yang didambakan setiap manusia. Kebahagiaan tidak selalu berhubungan dengan harta dan materil, namun dari bagaimana cara kita bisa memaknai dan bersyukur atas kehidupan. Meskipun dengan gaji UMR anda dapat mencapai kebahagiaan dengan cara yang sederhana namun penuh makna dan rasa syukur.