Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Tanda Gejala Asam Urat Sejak Dini

Tanda Gejala Asam Urat


Salah satu penyakit yang paling banyak didokumentasikan di dunia adalah asam urat, dimana penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang terakumulasi di persendian.

Normalnya sebelum keluar dari tubuh melalui urin, asam urat harus melalui ginjal. Jika asam urat tidak dikeluarkan dengan benar dari tubuh, maka asam urat akan terkumpul di persendian membentuk kristal yang sangat menyakitkan.

Asam urat biasanya terletak di jempol kaki, tetapi dapat menyebar ke area lain seperti tangan, siku, lutut, dan pergelangan kaki. Penyakit asam urat dapat berlangsung selama 3 hingga 10 hari, dan jika tidak dilakukan pengoobatan dengan benar, asam urat dapat berkembang menjadi "tophi" yaitu benjolan keras di bawah kulit yang memerlukan pembedahan untuk dapat dihilangkan.

Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda asam urat untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi. Berikut ini beberapa gejala dan tanda yang dapat muncul pada pengidap asam urat sehingga anda dapat melakukan pencegahan sejak dini. 


1. Nyeri Sendi yang Parah

Nyeri sendi yang parah, terutama di jempol kaki, adalah gejala paling umum dari asam urat. Nyeri ini biasanya muncul secara tiba-tiba dan dapat berlangsung selama beberapa jam atau bahkan hari. Ada beberapa cara untuk menggambarkan rasa nyeri, seperti ditusuk-tusuk, panas, dan berdenyut.


2. Pembengkakan Sendi

Selain menyebabkan nyeri, sendi yang terkena asam urat juga bengkak karena penumpukan kristal asam urat yang menyebabkan peradangan. Pembengkakan ini biasanya terlihat pada sendi kecil seperti jempol kaki, jari tangan, dan lutut.


3. Kemerahan dan Kaku pada Sendi

Selain itu, sendi yang terkena asam urat dapat mengalami sensasi panas, perih, dan kaku. Akibatnya, pergerakan sendi menjadi terbatas dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.


4. Benjolan pada Sendi

Pada beberapa orang, asam urat dapat menyebabkan benjolan di sekitar sendi yang disebut tofus. Benjolan ini biasanya tidak sakit, tetapi jika tidak diobati, tofus dapat membesar dan menyebabkan kerusakan pada sendi.


5. Gejala Lainnya

Beberapa individu yang menderita asam urat juga dapat menunjukkan beberapa gejala tambahan, seperti demam, menggigil, kelelahan, mual, muntah, dan lainnya.


Sebenarnya, asam urat dapat diobati dan dikelola dengan beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan. Dengan mengetahui tanda dan gejala asam urat sejak dini serta tindakan yang tepat dilakukan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat, penting untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mencegah penyakit asam urat menjadi semakin parah dan menyebar ke bagian lain tubuh..