Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Tentang Pohon Kiacret (Spathodea campanulata)

Fakta Menarik Tentang Pohon Kiacret (Spathodea campanulata)

Pohon Spathodea campanulata, atau yang lebih dikenal dengan nama nama Kiacret (Dalam Bahasa Sunda) atau kecrutan adalah tanaman hiasyang berasal dari Afrika yang kerap kita jumpai di taman atau pinggir jalan. Pohon kiacret ini mudah dikenali dengan bentuk bunganya yang besar dan berwarna orange terang menyerupai bunga tulip, sehingga dalam bahasa Inggris disebut dengan "African tulip tree". Meski cantik dengan bunganya yang mirip tulip,   Spathodea campanulata  dalam beberapa kondisi justru dianggap sebagai tanaman gulma yang bersifat invasif.

Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang pohon kiacret. Berikut ini beberapa fakta uni dan mearik seputar pohon kiacret (Spathodea campanulata) ini.


Asal dan Sebaran Pohon Kiacret (Spathodea campanulata)

Di habitat aslinya, Spathodea campanulata tumbuh di hutan kering tropis di beberapa wilayah Afrika. Namun karena keindahan bunganya saat mekar membuat para penjelajah membawanya ke berbagai penjuru dunia untuk ditanam sebagai tanaman peneduh dan penghias taman. Karena kemampuan adaptasi yang tinggi terkadang menjadikan pohon kiacret invasif dan tidak terkendali serta tumbuh liar dan menjadi gulma invasif. 


Bunga Kiacret Bisa "Muncratkan" Air

Spathodea campanulata memiliki ciri unik yang membuatnya mendapat nama daerah "ki acret" (Sunda) atau "crut-crutan" (Jawa).  Saat kuncup bunganya siap mekar,  bunga kiacret mampu mengeluarkan semburan air.  Semburan atau muncratan air pada bunga kiacret merupakan mekanisme pertahanan alami dan untuk menyebarkan serbuk sari.


Ciri Khas Pohon Kiacret

Spathodea campanulata atau pohon kiacret  bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 25 meter. Batangnya memiliki percabangan yang cukup banyak sehingga membentuk tajuk yang rindang oleh karena itu banyak digunakan sebagai tanaman peneduh.

Bunga kiacret sendiri berbentuk terompet dengan warna oranye terang dengan bunga yang mekar bergerombol pada ujung ranting.  Spathodea campanulata  termasuk tanaman berbunga musiman, umumnya bunga akan mekar pada musim kemarau.


Tanaman Invasif dan Pertumbuhan yang Cepat

Spathodea campanulata atau kiacret termasuk tanaman yang dapat dengan mudah tumbuh dan memiliki daya sebar tinggi.  Di beberapa wilayah,  Spathodea campanulata  justru dianggap sebagai tanaman gulma invasif karena pertumbuhannya yang cepat karena dapat berpotensi mengganggu keberadaan tanaman asli.


Spathodea campanulata adalah tanaman hias cantik yang dengan bunga yang indah selain itu berguna sebagai pohon peneduh. Namun  perlu  diingat  bahwa potensi  phon kiacret dapat menjadi gulma  invasif jika pertumbuhannya tidak dikendalikan dengan baik.  Sebaiknya  sebelum   menanam pohon kiacret atau Spathodea campanulata selalu perhatikan kondisi ekosistem sekitar.