Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Meja yang Terdapat di Dalam Rumah dan Fungsinya

 Meja adalah sebuah benda atau perabot rumah tangga yang seringkali dengan mudah kita jumpai dalam sebuah rumah. Keberadaan meja sangat penting karena mendukung barbagai macam aktivitas seperti bekerja, makan, belajar, meletakan benda dan berbagai fungsi lainnya.

Karena memiliki fungsinya masing-masing, terdapat berbagai jenis meja dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda meskipun secara kegunaan dasar yang sama. Pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang berbagai jenis meja beserta fungsi dan kegunaannya.

1. Meja makan

Meja Makan

Meja makan adalah meja yang digunakan secara fungsional untuk makan atau menyajikan hidangan. Biasanya pada meja makan terdiri dari kursi  dan sebuah atap yang terbuat dari kayu, besi, atau material lainnya. Ukuran meja makan bervariasi mulai ukuran kecil untuk keluarga, atau ukuran meja besar untuk digunakan di restoran atau menyajikan makan yang lebih besar. Meja makan juga bisa memiliki berbagai desain, mulai dari yang desain sederhana, minimalis hingga yang lebih mewah dan kekinian.

2. Meja kantor

Meja Kantor

Meja kantor adalah jenis meja yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor yang dirancang untuk mendukung segala jenis pekerjaan kantor dengan ukuran meja yang cukup besar untuk menampung peralatan kantor seperti komputer, printer, dokumen dan lain sebagainya. Meja kantor biasanya terbuat dari material kayu, besi, atau plastik dan memiliki  dilengkapi dengan beberapa laci atau rak untuk menyimpan dokumen atau peralatan kantor lainnya. 

3. Meja belajar

Meja Belajar

Meja belajar adalah meja yang digunakan untuk belajar atau bekerja. Pada umumnya meja belajar ditempatkan di kamar atau ruang khusus untuk belajar. Meja belajar memiliki beberapa laci dan rak kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan alat tulis, buku, dan bahan lain yang dibutuhkan saat belajar atau bekerja. Meja belajar sangat bermanfaat bagi pelajar yang sedang belajar di rumah, karena memungkinkan proses belajar dilakuakn dengan nyaman dan fokus.

4. Meja Sudut

Meja Sudut

Meja sudut adalah jenis meja yang biasanya diletakan pada sudut ruangan. Meja sudut sering diletakan di sudut ruangan sebagai penambah nilai estetika pada rumah dan untuk meletakan benda-benda seperti buku, gelas atau dekorasi. Meja sudut memiliki bentuk yang menyerupai segitiga atau membulat, sehingga mudah diatur pada sudut ruangan.

5. Meja rias

Meja Rias

Meja rias adalah sebuah meja yang digunakan untuk menata atau merias wajah dan rambut. Meja rias umumnya diletakan di kamar atau sudut tertentu di rumah. Meja rias terdiri dari sebuah cermin berukuran besar, tempat menyimpan peralatan rias, dan tempat duduk yang berada tepat didepan cermin.

6. Meja Bar

Meja Bar

Meja bar adalah meja yang biasanya terletak di dapur atau di ruang keluarga. Meja bar secara fungsional digunakan untuk menyajikan makanan dan minuman dengan kursi yang disesuaikan dengan tinggi meja bar. Meja bar dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti tempat menyajikan makanan dan minuman, tempat bersantai, atau sebagai tempat untuk bersantai.

7. Meja Teras

Meja Teras

Meja teras adalah meja yang biasanya terletak di luar ruangan seperti di teras atau di halaman belakang rumah. Meja teras digunakan untuk tempat bersantai, tempat menyajikan makanan ringan, kopi dan teh. Meja teras biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap cuaca, sehingga dapat digunakan di luar ruangan tanpa khawatir terkena hujan atau terpapar sinar matahari secara langsung.


Sekian pembahasan seputar Jenis Meja yang Terdapat di Dalam Rumah dan Fungsinya semoga dapat menambah referensi bagi para pembaca. Terimakasih sudah membaca.