Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Fakta Unik Permainan Lato-Lato Viral : Kalian Harus Tahu !

Sejak awal Desember 2022, jagat media sosial Indonesia dihebohkan oleh viralnya permainan jadul lato-lato yang sedang trend di kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengikuti trend untuk bermain lato-lato. Permainan lato-lato sebenarnya merupakan permainan yang sudah sejak lama ada (jadul), anmun belakangan ini mulai digemari kembali karena banyaknya content creator yang memviralkan permainan tersebut. 
 
Lato-Lato Viral

Lato-lato terdiri dari dua buah bola pemberat yang terikat pada tali yang dikaitkan pada cincin sebagai pengait atau pemegang. Cara bermainnya pun juga cukup sederhana yaitu dengan membenturkan kedua bola secara bergantian diatas dan dibawah sehingga menghasilkan bunyi khas "Tok-Tok".

Dibalik viralnya lato-lato, terdapat beberapa fakta unik dan menarik seputar permainan lato-lato yang harus kalian tahu.

1. Asal Mula Permainan Lato-Lato

Awal mula permainan lato-lato tidak diketahui secara pasti. Selain itu, mainan ini juga sering ditemukan di beberapa daerah di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Filipina dengan sebutan yang berbeda-beda. Namun, tidak diketahui secara pasti kapan mainan ini pertama kali muncul dan mulai dimainkan di Indonesia atau di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Selain di Asia, permainan lato-lato juga populer di beberapa negara khususnya di AMerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, permainan lato-lato dikenal dengan permainan clackers, knockers dan click-clacks. Nama-nama tersebut merujuk pada suara "clack-clack" pada lato-lato tesebut.


2. Lato-Lato Dimainkan Oleh Berbagai Kalangan Bahkan Presiden Jokowi

Dengan semakin viralnya, permainan lato-lato tidak hanya dimainkan oleh anak-anak semata namun tidak ketinggalan para public figure, content creator, hingga presiden Jokowi turut mencoba permainan Lato-lato saat menjumpai warga Jawa Barat beberapa waktu lalu ditemani Ridwan Kamil yang Juga turut memainkan Lato-lato.


3. Penyebutan Lato-Lato di Beberapa Daerah

Di beberapa daerah permainan lato-lato dikenal dengan beberapa istilah tertentu, misalnya di daerah jawa barat dikenal dengan sebutan Nok-Nok, di Jawa tengah dan Jawa timur dikenal dengan permainan "Etek-Etek, Sedangkan di wilayah sulawesi permainan ini dikenal dengan "Katto-Katto". Penyebutan lato-lato di beberapa daerah tersebut pada dasarnya sama yaitu mengacu pada bunyi khas yang dihasilkan oleh suara lato-lato tersebut, sesuai dengan penafsiran suara yang di dengar.


4. Pro-Kontra Permainan Lato-Lato

Dibalik viralnya Permainan Lato-lato tidak sedikit netizen maupun masyarakat yang menganggap permainan ini memberikan dampak positif pada anak-anak yang kecanduan gadget, setidaknya daat mengurangi penggunaan gadget pada anak. Namun dilain sisi suara yang dihasilkan oleh lato-lato cukup mengganggu karena didengar hampir sepanjang waktu.


Itulah beberapa fakta unik seputar fenomena pernaminan "Lato-Lato" yang tengah viral ditengah masyarakat. Tentunya banyak hal positif dan menarik yang dapat kita temukan dengan semakin menjamurnya permainan lati-lato. Terimakasih Sudah membaca.