Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Memahami Keselamatan dan Kesehatan Dalam Bekerja

Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat merupakan salah satu dari beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menghindari kecelakaan dan penyakit yang dapat disebabkan oleh aktivitas kerja. Dengan cara ini, setiap pekerja dapat meminimalisir risiko kecelakaan dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan.

Pentingnya Memahami Keselamatan dan Kesehatan Dalam Bekerja

Melaksanakan praktik keselamatan dan kesehatan kerja dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja. dengan mengimplementasikan standar keselamatan dan kesehatan kerja, perusahaan dapat mengurangi potensi beban biaya yang diakibatkan oleh insiden kecelakaan kerja.


Penyebab Kecelakaan Kerja

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan kerja, di antaranya:

1. Beban Kerja

Dalam hal ini, beban kerja yang dimaksud meliputi beban fisik, mental, dan sosial. Oleh karenanya, sangat penting untuk menempatkan pegawai sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.

2. Kapasitas Kerja

Kapasitas kerja sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, keterampilan, kondisi fisik yang sehat, ukuran tubuh yang sesuai, gizi yang baik, dan faktor-faktor lainnya.

3. Lingkungan Kerja

Faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja meliputi aspek fisik, kimia, biologi, ergonomi, dan psikososial


Contoh Aktivitas Penyebab Kecelakaan Kerja

Selain faktor-faktor yang telah ditunjukkan sebagai penyebab umum dalam terjadinya kecelakaan kerja. Berikut ini merupakan beberapa contoh kegiatan atau aktivitas yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja, di antaranya:

  1. Tidak memakai peralatan Safety sesuai standar
  2. Bercanda ketika bekerja
  3. Terburu-buru dalam bekerja
  4. Lingkungan kerja yang kotor dan berantakan
  5. Menggunakan alat yang tidak sesuai fungsinya
  6. Tidak fokus dalam bekerja
  7. Kelelahan dalam bekerja



Cara Mencegah Kecelakaan di Tempat Kerja

Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki potensi adanya accident atau kecelakan kerja baik kecelakaan yang berdampak ringan hingga kecelakaan kerja yang sangat fatal hingga berdampak bagi banyak orang. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja perlu dilakukan tindakan pencegahan dan cara yang tepat di lingkungan kerja. Berikut ini beberapa caya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakan kerja.

1. Menggunakan Alat Pelindung Diri Sesuai Standar

Salah satu hal penting dalam mencegah potensi terjadinya kecelakaan kerja fatal yaitu menggunakan alat pelindung diri yang tepat sesuai dengan kondisi kerja dan potensi bahaya yang ditimbulkan. Dengan menggunakan APD diharapkan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan jika terjadi insiden kecelakaan kerja.

2. Menumbuhkan Perilaku dan Kesadaran K3 dalam bekerja

Menumbuhkan Perilaku dan Kesadaran K3 dalam bekerja dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti melakukan pelatihan safety (safety induction), menerapkan peraturan yang ketat tentang keselamatan kerja, memberikan tanda berupa poster dan banner di beberapa lokasi kerja dan selalu mengingatkan pentingnya keselamatan kerja.

3. Bekerja sesuai dengan PRosedur (SOP) yang Berlaku

Prosedur dalam bekerja dibuat untuk memastikan pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor salah satunya keselamatan kerja.

4. Menggunakan peralatan kerja sesuai kegunaannya

Jika Peralatan kerja yang digunakan tidak sesuai dengan tujuannya, maka akan menimbulkan risiko yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.

5. Fokus Dalam Bekerja

Dalam melakukan pekerjaan perlunya untuk fokus setiap saat dalam melakukan pekerjaan.Untuk dapat fokus selama melakukan pekerjaan, pastikan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan fisik agar selalu fokus dalam bekerja.



6. Tidak Bergurau atau bercanda selama bekerja

Dalam bekerja tentunya setiap pekerja harus dituntut selalu fokus dan bijak dalam bekerja serta tidak bergurau atau bercanda selama bekerja khsusunya untuk pekerjaan dengan potensi bahaya tinggi yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja fatal.


Dampak Kecelakaan Kerja

Kecelakaan dalam bekerja dapat dialami siapa saja dan kapan saja yang dapat memberikan dampak buruk bagi individu maupun orang banyak. Sudah banyak sekali terjadinya kecelakaan kerja yang berakibat fatal hingga menghilangkan nyawa seseorang. Berikut ini beberapa dampak yang timbul dari kecelakaan kerja :

1. Gangguan Kesehatan Pekerja

2. Kecacatan fisik

3. Gangguan mental

4. Mengganggu jalannya pekerjaan

5. Budget pekerjaan membengkak

6. Menyebabkan kematian.


Itulah pembahasan singkat tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. Kecelakan bekerja merupakan insiden yang tidak dapat dihilangkan namun kita  dapat meminimalisir resiko dan dampak yang ditimbulkan oleh kecelakaan kerja, jadi tetap utamakan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja karena keluarga dan orang terkasih selalu menunggu kita dirumah pulang dengan sehat dan selamat. Selam Safety First, Terimakasih Sudah membaca.