Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Buah Kelapa Mengandung Air ? Berikut Asal-Usul Air Kelapa

Siapa yang tidak kenal buah kelapa ? Kelapa merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam genus Cocos dan berasal dari Arecaceae atau kelompok aren-arenan. Pohon kelapa sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang multifungsi atau dapat dimanfaatkan seluruhnya. Mulai dari buah kelapa yang dikonsumsi, daun pelepah kelapa yang dimanfaatkan sebagai atap, kerajinan tangan, sapu lidi, hingga batang dari pohon kelapa yang banyak digunakan untuk membangun rumah.

Mengapa Buah Kelapa Mengandung Air

Tentu kita sudah tidak asing dengan buah satu ini, apalagi kita yang tinggal di iklim tropis pasti sangat akrab dengan buah kelapa atau bahkan kita sering mengkonsumsi kelapa baik menjadi berbagai macam olahan yang berasal dari kelapa atau dikonsumsi secara langsung saat cuaca panas terik, tentunya sangat menyegarkan dan mengandung nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Tapi pernahkah kalian bertanya-tanya, darimana asalnya air yang terdapat di dalam buah kelapa ? kenapa buah kelapa memiliki banyak kandungan air di dalam buahnya ?. Untuk memuaskan rasa ingin tahu rekan sekalian berikut penjelasan mengapa buah kelapa memiliki banyak air dan asal-usul kandungan air yang terdapat di dalam buah kelapa.

Asal-Usul Terbentuknya Air Pada Buah Kelapa

Proses terbentuknya air kelapa melalui beberapa proses dan tahapan yang cukup panjang, secara sederhana berikut ini beberapa prosesnya. Pada dasarnya air kelapa berasal dari sumber ait yang terdapat di dalam tanah yang diserap oleh akar kelapa atau dikenal dengan proses osmosis.

Setelah diserap oleh akar, air tersebut kemudian dibawa menuju bagian atas pohon melalui pembuluh silem pada batang pohon kelapa. Air yang terakumulasi kemudian membentuk jaringan endosperm pada buah kelapa. Jaringan endosperm cair tersebut terakumulasi dan mengendap hingga terbentuk endocarp yang menjadi bakal daging pada buah kelapa, sedangkan sisa jaringan endosperm cair pada buah kelapa akan terakumulasi menjadi air pada buah kelapa.

Itulah penjelasan singkat mengapa buah kelapa mengandung air dan asal usul air tersebut. Semoga penjelasan singkat tersebut dapat memuaskan rasa ingin tahu rekan sekalian. Untuk detai lebih jelasnya dapat membaca artikel dan jurnal ilmiah lainnya. Terimakasih sudah membaca.