Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan dan Langkah Praktis Mencukur Rambut di Rumah

Memotong Rambut dirumah

Memotong rambut merupakan kegiatan rutin yang hampir selalu dilakukan untuk menjaga kerapihan rambut. Oada umumnya untuk urusan memotong rambut kita selalu mendatangi salon atau pangkas rambut langganan terdekat. Namun seringkali karena beberapa hal tertentu kita mau tiak mau harus memotong rambut sendiri di rumah misalnya pada saat pandemi covid-19 banyak orang yang memilih mmotong rambutnya sendri dirumah dikarenakan khawatir penyebaran covid yang sedang naik saat itu. Mencukur rambut dirumah daat dilakukan dengan bantuan orang rumah yang tentunya sudah kita percaya untuk memotong rambut misalnya seperti istri, kakak, adik ataupun rekan.

Selain itu,  memotong rambut di rumah bisa menjadi alternatif  memotong rambut dengan cara yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan. Namun, dikarenakan dilakukan dirumah dengan alat seadanya memotong rambut sendiri membutuhkan teknik dan keterampilan tertentu untuk menghasilkan hasil yang memuaskan atau setidaknya terlihat rapih. Berikut ini adalah bebrapa langkah dan panduan untuk melakukan pangkas rambut di rumah.

 

Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pemangkasan, pastikan kita memiliki alat yang diperlukan untuk mencukur, setidaknya beberapa alat sderhana seperti gunting rambut, sisir, klip rambut, dan gunting tipis. Selain itu, pastikan bahwa rambut dalam keadaan bersih dan kering untuk memudahkan dalam pemotongan.


Memilih gaya rambut yang sesuai

memilih model potongan rambut merupakan hal yang penting sebelum proses encukuran, dikarenakan keterbatasan pada alat serta kemampuan yang terbatas. Oleh karena itu jika mencukur rambut dirumah pilihlah gaya rambut yang sederhana dan tentunya sesuai dengan bentuk wajah dan jenis rambut.  Model potongan ataupun tutorial mencukur rambut dapat dengan mudah ditemukan di google ataupun youtube yang dapat digunakan sebagai panduan atau referensi.


Potong rambut secara bertahap

Setelah model potongan sudah ditentukan dan alat sudah tersedia, selanjutnya mulai proses mencuku rambut. Pada awal pemotongan sebisa mungkin mulailah memotong rambut dari bagian belakang kepala kemudian ke arah depan. Potong rambut sedikit demi sedikit dan jangan memotong terlalu banyak pada satu pemotongan untuk menghindari salah potong


Menggunakan teknik pemotongan yang tepat

Jika kalian memotong rambut dengan gunting, pastikan bahwa gunting dipegang dengan benar dan menggunakan sisir untuk alat bantu dalam memotong rambut. Untuk memotong ujung rambut, gunting secara bertahap dan perlahan menggunakan sisir pada setiap pemotongan.


Memeriksa hasil potongan

Sesekali lakukan pengecekan pada hasil potongan dan memeriksa pada bagian potongan yang kurang rapi atau rambut yang tidak terpotong dengan benar. Jika ada yang tidak rapi, dapat menggunakan gunting tipis untuk memperbaiki pada bagian rambut yang tidak terpotong rapih.


Membersihkan sisa rambut setelah selesai

Setelah selesai, jangan lupa untuk membersihkan sisa rambut yang ada di sekitar dan membersihkan alat pangkas rambut. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan ruangan agar tidak ada sisa potongan rambut yang berceceran di lantai atau ruangan.

 

Memangkas rambut di rumah bisa menjadi alternatif pilihan yang dapat dilakuakn dalam beberapa kondisi tertentu jika tidak memungkinkan untuk mendatangi salon. Karena segala keterbatasannya hasil cukuran dirumah tidak bisa disamakan dengan hasil potongan di salon yang lebih rapih dan dapat memilih berbaga macam model potongan rambut. Namun, tidak ada salahnya mencoba mencukur rambut di rumah jika memang tidak terlalu meperhatikan model potongan tertentu dan untuk kebutuhan yang mendesak dan selalu tampil rapih.