Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Indonesia Terbaik versi TasteAtlas, Peringkat Enam Kuliner Terenak di Dunia

TasteAtlas, salah satu laman media yang menyediakan panduan perjalanan untuk makanan tradisional dengan resep asli dan ulasan kritikus, merilis daftar masakan tradisional terbaik tahun 2023, di mana Indonesia menempati peringkat ke-6.

Tak mengherankan, karena Indonesia terkenal dengan ragam makanannya yang kaya akan rempah-rempah dan rasanya yang kuat. Menurut TasteAtlas, ini adalah sepuluh makanan terbaik di Indonesia.

10 Makanan Indonesia Terbaik versi TasteAtlas

1. Siomay

Siomay

Siomay adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari ikan dan dilengkapi dengan telur, tahu, dan sayur-sayuran seperti kentang, kubis, dan pare.  Setelah siomai telah dikukus, potong bagian-bagiannya seukuran satu gigitan dan letakkan di atas piring. Kemudian, tambahkan saus kacang di atasnya. Jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah rasa segar. Jika Anda suka, tambahkan kecap manis dan sambal juga.


2. Batagor

Batagor

Batagor adalah kuliner Bandung lainnya yang terkenal dan lezat. Batagor digoreng ketika bagian siomay dikukus, tetapi keduanya dipengaruhi oleh siew mai dan kuo tie, makanan khas Tiongkok. Batagor terdiri dari adonan ikan, otak-otak, dan tahu yang dimasukkan ke dalam pangsit goreng. Saat disajikan, bagian batagor dipotong ukuran satu gigitan, diolesi saus kacang, dan ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Jika Anda ingin, tambahkan kecap dan sambal.


3. Roti Canai

Roti Canai

Roti canai sebenarnya adalah roti pipih goreng tradisional yang dibuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India. Namun, itu sering ditemukan di beberapa restoran Malay di Indonesia, dan orang-orang di sana sangat menyukainya. Adonan roti canai dilipat berkali-kali untuk membuat lapisan luar renyah, tekstur berlapis, dan bagian dalam yang lembut. Jika Anda memadukan roti canai dengan kari daging, hari Anda akan lebih menyenangkan!


4. Pempek

Pempek

Pempek adalah kue ikan tradisional Palembang yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka, dan disajikan dengan kuah cuko segar. Seorang Tuan China menemukan pempek ketika dia melihat banyak ikan yang ditangkap tetapi tidak diolah dengan baik, menurut cerita warga setempat. Untuk mengatasi masalah ini, ia menggiling ikan dan mencampurnya dengan tepung tapioka. 

5. Rawon

Rawon

Rawon adalah masakan khas Surabaya. Hidangan ini berupa sup daging sapi yang dicampur dengan rempah-rempah seperti daun jeruk, serai, jahe, cabai, dan buah kluwek yang menjadi kunci rawon hitam. Masak dengan nasi panas, tambahkan tauge dan telur asin, dan berikan sedikit perasan jeruk nipis. Rasanya benar-benar kuat.

6. Ayam Goreng Rempah

Ayam Goreng Rempah

Ayam goreng khas Indonesia berbeda dengan ayam goreng dari negara lain karena memiliki banyak bumbu dan rempah tradisional seperti serai, lengkuas, kunyit, asam jawa, dan kelapa parut. Anda hanya perlu menambahkan nasi panas dan sambal, dan ayam goreng rempah siap dimakan.


7. Bubur Ayam

Bubur Ayam

Bubur ayam Indonesia berbeda dari bubur ayam di negara lain karena memiliki tekstur kental dengan topping ayam suwir, cakwe, dan kacang, dan disiram dengan kaldu bumbu gurih. Bubur ayam merupakan makanan yang sering dihidangkan untuk sarapan.

8. Nasi Uduk

Nasi Uduk

Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan ditambahkan serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. Sehingga menghasilkan nasi yang empuk dan dengan aroma harum rempah. Nasi uduk biasanya disajikan dengan telur balado, bihun, orek tempe, dan ayam goreng. Jangan lupa menambahkan sambal merah dan bawang goreng ke nasi.


9. Serabi

Serabi

Serabi adalah pancake tradisional asal Indonesia yang dibuat menggunakan tepung beras dan dapat dibuat dalam bentuk asin atau gurih dengan berbagai rasa, seperti durian, pandan, dan cokelat. Sebelum disajikan, serabi disiram dengan kuah santan.

10. Ikan Bakar

Ikan Bakar

Di Indonesia, ikan bakar adalah makanan laut yang populer. Untuk membuatnya, ikan dimarinasi terlebih dahulu dengan berbagai rempah dan bumbu, seperti sambal terasi, kecap asin, kunyit, dan lengkuas. Kemudian, disajikan dengan sambal belacan dan sambal kecap.



Itulah sepuluh makanan khas Indonesia dengan peringkat teratas menurut TasteAtlas. Apakah kalian tertarik untuk mencicipinya ?.