Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fakta Menarik Tentang Burung Unta, Burung Terbesar di Dunia !

7 Fakta Menarik Tentang Burung Unta, Burung Terbesar di Dunia

Burung unta (Struthio camelus) adalah makhluk yang sangat besar di dunia burung! Ia dianggap sebagai burung terbesar yang masih hidup dan bisa mencapai 2,5 meter tinggi dan berat 156 kg. Tingginya hampir sama dengan pintu garasi!

Burung unta tidak hanya luar biasa karena ukurannya yang besar namun memiliki beberapa keunikan. Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik tentang burung Unta.

7 Fakta Menarik Tentang Burung Unta

1. Burung Dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Salah satu unggas terbesar di dunia adalah burung unta. Tingginya berkisar antara 2,5 dan 3 meter, dan beratnya berkisar antara 150 dan 300 kilogram. Burung unta dapat mengambil daun dari semak-semak dan pohon tinggi dengan lengannya yang panjang. Burung unta juga memiliki mata yang cenderung besar dan kepala yang kecil.

2. Burung Unta Merupakan Salah Satu Hewan Darat Tercepat

Burung unta memiliki kemampuan untuk berlari dengan kecepatan hingga 70 km/h. Karena kakinya yang panjang dan kuat, dengan cakar yang kuat di kedua jari besarnya untuk memudahkan berlari. Keunggulan ini menempatkan mereka di antara hewan darat tercepat di dunia.

3. Burung Unta Memiliki Kemmapuan Adaptasi Pada Lingkungan Gersang

Burung unta diberkati dengan kemampuan adaptasi yang menarik sebagai penduduk asli padang pasir dan wilayah Afrika yang kering. Selain bulu yang melindungi tubuh dari matahari, burung unta memiliki kelopak mata khusus yang melindungi dari pasir di tempat tinggalnya. Dengan menggunakan kelebihan air yang dihasilkan oleh metabolisme makanan, mereka dapat bertahan tanpa minum selama beberapa waktu.

4. Burung Unta Dapat Mencapai Umur 40 Tahun

Burung Unta rata-rata hidup selama 30 hingga 40 tahun. Mereka bertahan berkat sistem perlindungan diri yang sangat baik. Burung ini sangat ganas, bisa bertarung dengan singa bahkan cheetah. Itu karena kaki mereka yang kuat dan tangguh. Ia akan menendang dengan kuat jika terpojok. Selain itu, setiap kakinya memiliki cakar sepanjang 10 centimeter.

5. Burung Unta Tidak Bisa Terbang

Burung unta tidak dapat menggunakan sayapnya untuk terbang karena sayapnya kecil dan tidak kuat untuk mendukung berat badannya. Selain itu, tulang dada pada burung unta rata dan datar, tidak berbentuk melengkung seperti burung yang bisa terbang pada umumnya. Karena itu, mereka tidak dapat mengepakkan sayapnya dengan kuat untuk terbang.

6. Burung Unta Mmeiliki Penglihatan yang Tajam

Burung unta juga memiliki mata yang sangat tajam, yang merupakan fakta menarik lainnya tentang mereka. Burung unta sangat mahir mengamati perubahan atau gerakan di lingkungan mereka karena bidang pandang dan ketajaman visual mereka yang luas. Untuk bertahan hidup, hal ini sangat penting karena mereka dapat mengidentifikasi predator dari jarak jauh.

7. Burung Unta Memiliki Ukuran Telur Terbesar di Dunia

Burung unta betina bertelur di sarangnya selama musim kawin. Mereka menghasilkan telur yang terbesar di dunia. Burung unta betina dapat bertelur hingga sebelas butir, sedangkan unta lain hanya dapat bertelur dua hingga enam butir. Telur burung unta biasanya mencapai panjang lima belas sentimeter dan berat 1,5 kilogram.


Itulah 7 fakta unik dan menarik seputar burung unta. SSemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kalian semua.