Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Tahun 2024, Penggemar Horror Wajib Tahu

Sepertinya film horor akan kembali menghantui bioskop Indonesia pada tahun 2024. Lihat daftar di bawah ini.

Setiap tahun, film horor terus menjadi salah satu tontonan favorit masyarakat Indonesia. Banyak genre horor yang berhasil menarik perhatian dan menarik banyak penonton, seperti KKN di Desa Penari (2022) yang menarik hingga 10 juta penonton saat ditayangkan.

Selain itu, deretan film horor, mulai dari Pengabdi Setan 1 & 2, hingga Sewu Dino, masih berada di urutan pertama dalam sepuluh besar film terlaris Indonesia sepanjang masa. Ketiga film tersebut masing-masing mendapatkan minimal empat juta penonton.

Rumah produksi tentu saja berbondong-bondong untuk meluncurkan film horor terbaik garapan mereka sebagai hasil dari pencapaian ini. Kira-kira ada apa saja untuk tahun 2024? Akankah ada film horor sebelumnya yang dapat mengalahkan rekor ini?

15 Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Tahun 2024, Penggemar Horror Wajib Tahu

1. Trinil: Kembalikan Tubuhku

Trinil: Kembalikan Tubuhku  Film horor yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo telah dirilis pada 4 Januari 2024. Film Trinil: Kembalikan Tubuhku, dibintangi oleh Wulan Guritno, bercerita tentang cinta segitiga seorang ibu dan kekasih sang anak yang berakhir dengan pembunuhan mutilasi.

Film horor yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo telah dirilis pada 4 Januari 2024. Film Trinil: Kembalikan Tubuhku, dibintangi oleh Wulan Guritno, bercerita tentang cinta segitiga seorang ibu dan kekasih sang anak yang berakhir dengan pembunuhan mutilasi.

2. Diwe: Hutan Terlarang

Diwe: Hutan Terlarang

Film Diwe: Hutan Terlarang dirilis pada 4 Januari 2024, sama seperti film sebelumnya. Film yang disutradarai oleh Bram Ferino ini menceritakan tentang sekelompok sahabat yang menghabiskan liburan di hutan Bangka Belitung. Mereka tidak menyadari bahwa tempat itu dianggap sebagai hutan gaib oleh masyarakat setempat, yang memiliki penunggu bernama Diwe.

3. Sehidup Semati

Sehidup Semati

Film horor yang disutradarai oleh Upi Avianto akan kembali menceritakan perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang membuat pihak istri harus menanggung beban semuanya sendirian.  Film Sehidup Semati, dibintangi Laura Basuki dan Ario Baya, dirilis pada 11 Januari 2024.

4. Petualangan Anak Penangkap Hantu

Petualangan Anak Penangkap Hantu

Petualangan Anak Penangkap Hantu akan menjadi film horor yang cocok untuk semua usia dan akan diputar di bioskop pada 18 Januari 2023. Film yang disutradarai oleh Jose Poernomo ini bercerita tentang sekelompok anak-anak yang tergabung dalam sebuah kelompok bernama Anak Penangkap Hantu (APH). Gita, yang tinggal di desa terpencil yang telah lama mengalami kekeringan dan teror dari penunggu hutan yang sering menculik penduduk desa, meminta bantuan mereka.

5. Rambut Kafan

Rambut Kafan

Film yang disutradarai oleh Helfi C.H. Kardit akan dirilis pada 18 Januari 2024. Dibintangi oleh Nita Gunawan, Bulan Sutena, dan Yama Carlos, film Rambut Kafan ini bercerita tentang kecurigaan seorang anak kepada keluarganya setelah ibunya meninggal dunia karena sakit dan dirawat selama tiga tahun.

6. Pemukiman Setan

Pemukiman Setan

Film horor Pemukiman Setan, yang disutradarai oleh Charles Gozali, dirilis pada 25 Januari 2024. Film ini, dibintangi oleh Maudy Effrosina, Adinda Thomas, Bhisma Mulia, dan Daffa Wardhana, bercerita tentang sekelompok orang yang merampok sebuah rumah yang menyimpan rahasia yang mengerikan yang mengancam keselamatan jiwa mereka semua.

7. Kereta Berdarah

Kereta Berdarah

Film Kereta Berdarah disutradarai oleh Rizal Mantovani, film horor pembuka akan dirilis pada Februari mendatang. Tanggal perilisannya adalah 1 Februari 2024. Film ini dibintangi oleh Emil Kusumo, Putri Ayudya, Zara Leola, Hana Malasan,  dan Kiki Narendra menceritakan tentang berbagai peristiwa mengerikan yang dialami para penumpang Kereta Api Sangkara.

8. Munkar

Munkar

Sutardara kawakan Anggy Umbara akan hadir kembali dengan film horor Munkar pada 7 Februari 2024, setelah Siksa Neraka yang dirilis akhir tahun lalu. Film yang dibintangi oleh Ratu Sofya ini menceritakan tentang pelecehan siswa di pesantren. Namun, anehnya, korban pelecehan itu tertawa setiap kali mereka mendapat perlakuan buruk dari orang lain.

9. Lampir

Lampir

Film Lampir, yang dirilis pada 14 Februari 2024, akan menampilkan Rory Asyari dan Jolene Maire. Film yang disutradarai oleh Kenny Gulardi ini menceritakan tentang sepasang pasangan yang terjebak di dalam villa yang dihuni oleh Mak Lampir, orang yang terkenal dengan suara tawanya yang luar biasa di radio dan di layat kaca.

10. KKN di Desa Penari 2: Badarawuhi

KKN di Desa Penari 2: Badarawuhi

Kimo Stamboel dikontrak oleh Manoj Punjabi untuk berperan sebagai sutradara film KKN di Desa Penari 2: Badarawuhi, yang akan dirilis pada libur lebaran 2024. Film yang dibintangi oleh Aulia Sarah, Maudy Effosina, dan Jourdy Pranata ini akan menceritakan tentang musim pertama karakter Badarawuhi yang terkenal, seperti yang dinyatakan dalam judulnya.


11. Siksa Kubur

Siksa Kubur

Film Pengabdi Setan, yang disutradarai oleh Joko Anwar, akan kembali dengan genre horor lagi, Siksa Kubur. Proses syuting film ini dimulai pada Oktober 2023 dan dijadwalkan tayang pada 2024. Film ini, yang diadaptasi dari film pendeknya berjudul Grave Torture, dibintangi oleh aktor terkenal Indonesia seperti Reza Rahadian, Slamet Rahardjo, Christine Hakim, Arswendy Bening Swara, Fachri Albar,  dan Faradina Mufti. Tanggal rilisnya masih belum diketahui.


12. Vina Sebelum 7 Hari

Vina Sebelum 7 Hari

Tidak hanya Munkar, sutradara Anggy Umbara akan merilis film keduanya, Vina Sebelum 7 Hari, pada tahun 2024. Film ini akan menceritakan kisah tragis dari gadis Cirebon yang dibunuh oleh geng motor.

13. Jurnal Risa The Movie

Jurnal Risa The Movie

Jika biasanya kalian menonton konten Jurnal Risa di saluran YouTube, pada tahun ini mereka akan membuat film panjang yang akan dirilis pada tahun 2024.

14. Sengkolo: Pemandi Mayat

Sengkolo: Pemandi Mayat

Film ini, yang disutradarai oleh Hanny Saputra, akan menampilkan berbagai cerita dan budaya Jawa. Dibintangi oleh Donny Alamsyah, Nesia Waroza Puspa, Fauzan Nasrul, dan Jenya Nindia, produksinya telah dimulai tahun lalu dan dijadwalkan dirilis pada tahun 2024.

15. Dosen Ghaib: Sudah Malam atau Sudah Tahu

Dosen Ghaib: Sudah Malam atau Sudah Tahu

Siapa yang masih ingat kisah-kisah tentang dosen gaib yang menjadi viral di internet? Kisah misterius itu akan menjadi film layar lebar yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Menurut rencana, film Dosen Ghaib: Sudah Malam atau Sudah Tahu akan dirilis pada tahun 2024 ini.