Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips mengajarkan Anak Tentang Uang Menurut Warren Buffett

6 Tips mengajarkan Anak Tentang Uang Menurut Warren Buffett

Anda mungkin berpikir bahwa CEO miliarder Berkshire Hathaway Warren Buffett tidak memiliki waktu untuk mengajar investor generasi selanjutnya karena banyaknya bisnis besar dan tindakan filantropisnya.

Itu tidak benar. Oracle of Omaha membantu membuat serial animasi Secret Millionaires Club pada tahun 2011. Serial ini menampilkan Warren Buffett sebagai mentor bagi sekelompok anak-anak yang rajin dan rajin. Selama beberapa tahun pertama, Warren Buffett bahkan berusaha menjadi pengisi suaranya sendiri.

Meskipun Anda mungkin tidak tahu banyak tentang kesuksesan finansial Warren Buffett, dia telah memberi orang tua beberapa nasihat bijak tentang cara mengajarkan anak-anak mereka tentang uang. 

6 Tips mengajarkan Anak Tentang Uang Menurut Warren Buffett

1. Mengajarkan Nilai Menabung Kepada Anak

Ajari anak-anak Anda nilai menabung setelah mereka cukup dewasa untuk memahaminya. Anak-anak Secret Millionaires Club sangat tertarik, dan Warren Buffett tidak melewatkan kesempatan untuk mengajarkan mereka tentang hal itu.

Menurutnya, "Menyimpan sedikit uang secara teratur akan terbayar. Daripada menghabiskan uang untuk membeli soda, yang sebenarnya tidak Anda butuhkan, simpanlah di tabungan, dan itu akan menghasilkan lebih banyak uauntuk Anda dengan menghasilkan bunga."


2. Jadilah Panutan yang Baik Untuk Anak

Anak-anak akan mengikuti kebiasaan Anda, baik yang baik maupun yang buruk. Warren Buffett memuji ayahnya sendiri karena telah mengajarkannya cara membuat kebiasaan baik.

“Ayah saya adalah inspirasi terbesar saya,” ucap Buffett dalam sebuah wawancara pada tahun 2013 dengan CNBC, “Dia adalah pahlawan saya ketika saya berusia enam tahun dan dia masih pahlawan saya sekarang.” Dalam semua hal, dia menjadi inspirasi bagi saya. Memiliki kebiasaan yang benar sejak dini adalah pelajaran yang dia berikan kepada saya sejak usia dini.

Anda ingin menjadi orang tua yang hebat? Anak-anak Anda harus dimotivasi untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas. Meskipun itu tidak berarti Anda harus menjadi investor yang hebat, Anda harus setidaknya menunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa Anda pandai membangun rumah.


3. Mengajarkan Anak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Sangat penting untuk mengajarkan kepada anak tentang perbedaan yang esensial dan signifikan antara kebutuhan dan keinginan sebelum mereka dapat mengelola uang dengan bertanggung jawab.

Warren Buffet menyarankan, dalam wawancara dengan CNBC, agar anak-anak Anda membuat daftar barang yang mereka inginkan. Kemudian, periksa setiap barang bersama mereka, tandai apakah itu kebutuhan atau keinginan, dan jelaskan mengapa.

Saat Anda berbelanja untuk kebutuhan dan kadang-kadang keinginan, tunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa mereka juga memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang penting.

Misalnya, harga tidak selalu sama di setiap toko. Dengan menggunakan ekstensi browser gratis, saat Anda berbelanja di situs seperti Amazon, Target, dan lainnya, Anda dapat membandingkan harga yang lebih baik dengan penjual lainnya.


4. Meningkatkan Pengetahuan Anda Tentang Ilmu Finansial

Anda masih belum mendapatkan semua jawaban? Itu masuk akal. Orang-orang yang berhasil tidak pernah berhenti belajar. Dalam sebuah episode Secret Millionaires Club, Warren Buffett yang dianimasikan berkata, "Mengembangkan diri untuk belajar dan mendidik diri sendiri seumur hidup adalah penting bagi setiap individu."

Hal tersebut merupakan nasihat yang baik untuk orang tua, dan bahkan lebih baik untuk mereka yang baru memulai pendidikan mereka. Buffett memang terkenal gemar membaca  surat kabar setiap hari, berkata, "Yang selalu saya katakan adalah, belajar untuk belajar."


5. Mengajarkan Anak Tentang Kewirausahaan

Warren Buffett yang berusia enam tahun memperoleh beberapa sen pertamanya dengan menjual permen karet di daerah yang jauh sebelum Berkshire Hathaway. Dia mengambil keputusan untuk membeli enam bungkus Coke seharga seperempat dan kemudian menjualnya dengan harga satu nikel, melihat peluang untuk margin yang lebih besar.

Meskipun putra atau putri Anda mungkin tidak pernah berkembang menjadi pemimpin konglomerat multinasional, mendorong mereka untuk melihat banyak kesempatan dan peluang untuk menghasilkan uang akan bermanfaat di kemudian hari. Bahkan kios limun dapat mengajarkan keterampilan memecahkan masalah, menetapkan tujuan, dan penjualan.


6. Mengajarkan Anak Sejak Dini

Warren Buffett mengatakan bahwa seseorang harus mulai mengajarkan keterampilan keuangan sejak usia dini. Dia mengatakan ini sedini mungkin. "Orang tua kadang-kadang menunggu sampai anak-anak mereka remaja sebelum mereka mulai berbicara tentang mengelola uang, padahal mereka bisa memulai ketika anak-anak mereka masih prasekolah."


Itulah 6 Tips mengajarkan kepada anak Tentang uang. Anda dapat memberi tahu anak-anak bahwa belanja tidak semudah mengetuk kartu di mana pun Anda pergi, Anda harus bekerja keras untuk memperoleh uang, jadi tidak boleh menghabiskan uang sesuka hati dan menggunakannya dengan bijaksana.