Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Rusak dan Penyebabnya

Ciri-Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Rusak dan Penyebabnya

Fuel Pump atau pompa bahan bakar adalah salah satu komponen utama dalam sistem injeksi yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki menuju ke injektor sesuai porsinya. Fuel pump memainkan peran penting dalam teknologi injeksi. Selain itu, fuel pump berfungsi untuk menjaga tekanan bahan bakar berada pada tingkat yang ditetapkan.

Kendaraan dengan sistem karburator tidak membutuhkan pompa bahan bakar, tetapi kendaraan dengan sistem injeksi memerlukan pompa bahan bakar untuk menghisap dan mendistribusikan bahan bakar. Komponen pompa bahan bakar biasanya berumur sekitar lima tahun jika digunakan secara teratur.

Faktor-faktor seperti usia pompa bahan bakar dan kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar kosong dapat menyebabkan pompa bahan bakar rusak. Jika pompa bahan bakar digunakan secara teratur, pompa bahan bakar biasanya dapat bertahan sampai lima tahun. Jika tangki kendaraan dengan sistem injeksi tidak dibiarkan kosong, pompa bahan bakar dapat bertahan lebih lama.

Kesehatan fuel pump atau pompa bensin pada motor sangat penting untuk memastikan bahwa mesin dapat bekerja dengan baik. Fuel pump yang rusak tidak dapat menjalankan fungsinya sepenuhnya. Bagaimana cara mengetahui bahwa pompa bensin masih dalam kondisi baik? Beberapa tanda atau ciri-ciri dapat menunjukan pompa bensin yang mengalami penurunan performa atau bahkan rusak. Berikut adalah beberapa tanda dan ciri-ciri fuel pump atau pompa bensin yang rusak.


Tanda Fuel Pump Motor Injeksi Rusak

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Jika kendaraan sulit hidup saat dinyalakan, bahkan ketika starter dalam kondisi normal, itu bisa terjadi karena pompa bensin atau fuel pump yang mulai melemah. Jika ingin mengetahui apakah fuel pump masih hidup atau tidak, dapat dicek dengan mendengarkan suara dengungan dari tangki bahan bakar saat kontak ON dinyalakan. Jika tidak ada suara atau dengungannya sangat kecil, hal tersebut dapat menunjukkan bahwa pompa bahan bakar sudah lemah atau rusak. Pada umumnya kondisi pompa bensin yang masih baik biasanya menghasilkan dengung yang keras pada saat kunci kontak diatur ke posisi ON.

2. Suara Dengungan Fuel Pump Pelan


Jika suara dengungan terdengar lebih pelan daripada biasanya, Anda harus melakukan pengecekan. Karena suara yang lemah menunjukkan bahwa fuel pump mulai melemah. Untuk memastikan hal ini terjadi, Anda harus segera membawa kendaraan ke bengkel resmi. Jangan menunggu pompa bensin benar-benar mati, karena hal itu akan menyebabkan kendaraan Anda tidak dapat dihidupkan.

3. Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Jika ada kedipan pada lampu indikator check engine, itu menandakan masalah pada kendaraan Anda. Kerusakan pada pompa bensin tidak selalu ditunjukkan dengan kedipan pada MIL. Jika ada masalah dengan sensor atau sistem injeksi, MIL akan menyala dan berkedip selama sekitar 0,3 detik dan mati kembali saat kunci kontak diputar ke posisi ON.

Saat MIL menyala, ECM mengidentifikasi kondisi sistem sensor. Jika ada kerusakan, lampu MIL akan berkedip dan terjadi beberapa gejala yang disebutkan di atas. Ini menunjukkan bahwa kondisi pompa bensin mengalami kerusakan.


Penyebab Fuel Pump Tidak Berfungsi

Berikut ini beberapa penyebab Fuel Pump Tidak Berfungsi :

Filter Bensin Kotor/Mampet

Kotoran pada filter pompa bahan bakar membuat pompa bahan bakar bekerja lebih keras, yang mengakibatkan penurunan tekanan pompa bahan bakar.

Rotak Fuel Pump Rusak

Tidak berfungsinya fuel pump dapat terjadi karena kerusakan pada motor atau rotak pompa bensin.

Aki Mati

Fuel pump bekerja dengan aliran listrik dari aki. Jika aki mati, engkol sepeda motor harus digerakkan beberapa kali agar dapat menghisap bahan bakar.

Sekring Putus

Sekring pada jalur kelistrikan pompa bensin yang terputus akan fuel pump tidak beroperasi.

Kehabisan Bensin

Dengan pasokan bahan bakar yang lebih sedikit, motor dan dynamo fuel pump akan bekerja lebih keras, yang pada akhirnya akan mengurangi kinerjanya.



Dengan memahami gejala dan penyebab masalah pada fuel pump, Anda dapat lebih mudah menemukan dan menyelesaikan masalah pada fuel pump. Lakukan perawatan secara rutin untuk memastikan bahwa fuel pump tetap berfungsi dengan baik dan berjalan lancar selama motor digunakan.