Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kuliner Khas Solo yang Enak dan Wajib Kalian Coba

Kota Solo merupakan salah satu destinasi wisata kuliner favorit di Jawa Tengah, karena keunikan cita rasa dan memanjakan lidah maka tidak heran jika kuliner khas kota solo banyak diburu oleh para wisatawan baik lokal maupun wisatawan internasional.

Berikut ini beberapa  beberapa kuliner khas solo yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke kota Solo. Jadi Apa saja makanan khas Solo? Berikut daftar lengkapnya.

1. Pecel Ndeso Solo

Pecel Ndeso Solo

Jika Anda berada di Solo, Anda harus mencicipi pecel ndeso khas Solo ini. Ini disajikan dengan nasi merah dan berbagai jenis sayuran, seperti kangkung, bayam, dan tauge. Pecel Ndeso solo ini memiliki sambal yang berbeda dari yang lain. Berwarna kehitam-hitaman adalah ciri khas sambalnya.


2. Serabi Solo

Serabi Solo

Serabi Solo adalah makanan khas Solo yang sering dimakan sebagai cemilan manis. Anda dapat menemukannya di toko jajanan tradisional di Solo.  Saat ini, serabi sudah mengalami inovasi mengikuti perkembangan trend masa kini dengan berbagai tambahan toping, seperti pisang, cokelat, nangka, hingga keju yang tentunya menambah keunikan dan cita rasa serabi.


3. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak


Salah satu kuliner khas Solo yang terkenal adalah cabuk rambak, yang terdiri dari ketupat yang dipenuhi dengan saus yang terbuat dari biji wijen yang telah dipanggang dan parutan kelapa yang berwarna cokelat. Seringkali, hidangan ini disantap di antara waktu makan dan biasanya dinikmati dengan kerupuk.


4. Gado-gado Solo

Gado-Gado Solo

Berbeda dengan gado-gado pada umumnya, gado-gado khas Solo terdiri dari beberapa sayuran seperti buncis, wortel, kentang, dan bahkan kol mentah. Dengan tambahan kerupuk dan bawang merah goreng di atasnya, yang tentunya akan lebih nikmat.


5. Selat Solo

Selat Solo

Selat Solo juga dikenal sebagai hidangan steak ala lokal dengan kombinasi antara hidangan steak, salad, dan sup. Setelah direbus, dada sapi kemudian dimasak dalam kuah kaldu yang dicampur dengan bawang putih, kecap manis, cuka, merica dan saus worcestershire. Budaya Eropa sangat kental memengaruhi kuliner Selat Solo. Nama 'Selat' sendri berasal dari bahasa Inggris "salad", yang berarti campuran sayur-sayuran.


6. Timlo

Timlo Solo

Timlo adalah makanan khas Solo berupa sup bening yang terdiri dari potongan berbagai macam sayuran, telur pindang, sosis, jamur rebus, dan jeroan ayam. Cita rasa gurih pada kuah kaldu timlo membuatnya cocok menjadi teman makan yang sangat nikmat jika ditambahkan dengan nasi.


7. Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet Solo

Nasi liwet khas solo merupakan salah satu hidangan yang wajib kalian coba. Paduan beberapa bahan pada nasi liwet Solo seperti santan, kaldu ayam, serai, daun salam, dan bumbu rempah menghasilkan aroma nasi liwet khas yang sangat menggugah selera. Beberapa jenis lauk sangat cocok dipadukan dengan nasi liwet seperti terlu kecap, potongan telur dadar, dan bihun. Selain itu, ada juga tambahan suwiran ayam yang direbus dengan santan, rebusan labu pedas, dan areh (saus kelapa kental).



Itulah 7 Kuliner khas kota solo yang wajib kalian coba. Tentunya sangat layak dicicipi ketika berkunjung ke kota Solo.