Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah dan Kolestrol

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kayu manis merupakan rempah yang sering digunakan dalam bahan masakan. Selain terkenal sebagai rempah dan bumbu memasak kayu manis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan tubuh, seperti menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah. Kayu manis berasal dari kulit pada batang kayu manis, yang memiliki aroma rempah yang unik, rasa yang sedikit manis, pedas, dan kelat. 

Pada abad pertengahan, dokter Mesir kuno menggunakan kayu manis sebagai obat untuk batuk, sakit sendi, dan radang. Mereka juga digunakan sebagai pembalseman. 

Berikut ini beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh.

Mengontrol gula darah

Kayu manis mengandung antioksidan yang mampu mengontrol gula dalam darah. Selain itu kayu manis dapat membantu pencernaan setelah makan dan membantu meningkatkan respons insulin pada orang yang menderita diabetes tipe 2.  1 gram kayu manis dapat menurunkan gula darah, trigliserida, kolesterol jahat, dan kolesterol total pada pasien diabetes.


Meningkatkan hormon insulin

Kromium polifenol yang ditemukan dalam kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin karena bahan ini memiliki efek yang sama pada sinyal insulin dan glukosa.

Semakin tinggi sensitivitas insulin tubuh seseorang, semakin sedikit insulin yang dibutuhkannya.  Resiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan kolesterol bisa berkurang jika kepekaan terhadap hormon insulin meningkat.


Menurunkan kolesterol tinggi

Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan mineral seperti mangan, yang dapat membantu pencernaan, usus besar, dan mengurangi kolesterol dan penyakit jantung.

Selain itu, serat dan kalsium yang terkandung dalam kayu manis membantu tubuh mengeluarkan garam dan mencegah kanker usus besar. Selain itu, kandungan serat kayu manis dapat digunakan untuk mengobati sembelit.


Anti infeksi

Salah satu manfaat kesehatan kayu manis adalah kemampuan untuk mengatasi infeksi karena sifat anti-infeksi alaminya. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kulit kayu manis dapat menghilangkan bakteri H.pylori, yang menyebabkan sakit maag dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri tersebut.


Anti mikroba

Tanaman kayu manis memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis Candida. Candida adalah mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi yang umum di dalam mulut, vagina, dan usus. Ini menyebabkan penyakit pada kulit dan selaput lendir. Kandungan cinnamaldehyde dalam minyak kayu manis membantu mengurangi dan bahkan menghentikan infeksi Candida di dalam tubuh. 


Mengatasi Alzheimer

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, seperti polifenol, kulit kayu manis dapat membantu mengatasi penyakit Alzheimer. Kayu manis memiliki banyak antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan juga dianggap membantu dalam penyakit Alzheimer.

Selain kandungan antioksidannya yang tinggi, kayu manis memiliki zat tambahan yang diyakini dapat menghentikan akumulasi protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit Alzheimer.


Mencegah pertumbuhan sel kanker

Menurut penelitian dari University of Texas, kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Sehingga kayu manis merupakan salah satu herbal yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.


Itulah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan dan tubuh.