Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Semut Bersalaman Ketika Berpapasan ? Berikut Penjelasannya

Siapa yang tidak tahu semut, serangga kecil yang sering kita jumpai di berbagai tempat. Semut adalah serangga yang termasuk dalam famili Formicidae dan ordo Hymenoptera. Terdapat sekitar 2.500 jenis spesies semut, sebagian besar jenis semut hidup di daerah dengan iklim tropis.

Semut merupakan hewan yang hidup secara berkoloni, di mana ribuan semut tinggal dan bekerja bersama-sama membentuk satu koloni semut. Masing-masing koloni terdiri dari semut dengan berbagai peran, seperti semut pekerja, semut penjaga, pejantan, dan ratu semut.

Mengapa Semut Bersalaman Ketika Berpapasan

Tapi pernahkah kalian mengamati ada hal unik yang dilakukan oleh semut ketika berpapasan dengan semut lain maka kedua semut akan menempelkan kedua antena mereka satu sama lain atau kita sebut saja dengan bersalaman. Jadi, kenapa semut yang berpapasan akan berhenti sejenak dan saling "bersalaman" dengan semut yang lain, berikut penjelasannya.

Sebagai Komunikasi dan Mendeteksi Koloni Semut

Semut menggunakan sungut atau antena di kepala mereka untuk mendeteksi apakah mereka berasal dari koloni yang sama. Ketika semut bertemu dengan semut lain, mereka terlihat seperti saling bersalaman. Sebenarnya, kedua semut tersebut sedang mengecek apakah mereka berasal dari koloni yang sama dan juga saling berbagi informasi tentang identitas mereka, peran dalam koloni, dan bahkan informasi tentang makanan di sekitar mereka.

Menggunakan Bau dan Rasa Untuk Berkomunikasi

Tidak hanya sekedar menempelkan antenanya ternyata semut berkomunikasi menggunakan zat kimia yang disebut dengan feromon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang terdapat pada bagian luar tubuh mereka atau exoskeleton. Zat Feromon tersebut digunakan sebagai penanda agar semut dapat dikenali di dalam satu koloni. Dengan feromon tersebut, semut berbagi isyarat serta informasi melalui bau dan rasa.

Memberi Makanan Pada Semut Lain (Trophallaxis)

Selain berkomunikasi dan berbagi informasi ketika berpapasan, semut juga melakukan aktivitas dengan semut lain yang disebut trophallaxis. Trophallaxis adalah saat semut memberi makan semut lain dengan memuntahkan cairan yang mengandung makanan cadangan dari mulut ke dalam mulut semut lain yang tidak bertugas mencari makanan seperti ratu semut, semut penjaga, dan bayi semut.


Itulah pembahasan singkat mengapa semut saling bersalaman ketika berpapasan dengan semut lain. Semoga dapat menjawab rasa ingin tahu dan penasaran teman sekalian. Terimakasih Sudah membaca.