Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat Hingga Usia Lanjut


5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat Hingga Usia Lanjut


Ada beberapa cara yang mudah untuk hidup panjang dan sehat hingga tua. Anda dapat melindungi diri Anda dari berbagai masalah kesehatan serius dengan melakukan langkah ini. Gen membentuk kira-kira 25% panjang umur, dan yang lainnya bergantung pada kehidupan sehari-hari.

Tetapi tidak ada cara instan untuk menjadi lebih sehat dan hidup lebih lama. Untuk menjaga berat badan Anda di bawah ambang normal, Anda harus berusaha menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Ada bukti ilmiah bahwa metode ini dapat memperpanjang hidup.


5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat Hingga Usia Lanjut

Berikut ini beberapa tips dan cara panjang umur dan selalu sehat bugar hingga usia tua.

1. Mengkonsumsi Sumber Makanan Nabati

Saat ini sudah cukup banyak bukti dan riset yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan nabati berpengaruh terhadap kesehatan dan umur panjang. Mengonsumsi lebih banyak makanan nabati dan mengurangi konsumsi daging, makanan olahan, gula, dan garam mengurangi risiko berbagai penyakit yang memperpendek umur, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Makanan nabati juga kaya akan nutrisi, fitokimia, antioksidan, dan serat. Selain itu, mereka memiliki sifat antiinflamasi. Ini semua memiliki kemampuan untuk melindungi sel dari kerusakan seiring bertambahnya usia, yang membantu mencegah penyakit.


2. Menjaga Kondisi Berat Badan Tetap Ideal

Berlebihan berat badan meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan yang memperpendek umur. Obesitas membuat seluruh tubuh tertekan dan memiliki banyak efek fisiologis, termasuk peradangan dan gangguan hormonal. Hal ini meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan sejumlah kanker.

Selain berdampak secara fisik, obesitas atau kelebihan berat badan juga dikaitkan dengan masalah kesehatan mental. Ini terkait dengan stres, depresi, dan ketidakpercayaan diri.


3. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga rutin mencegah penyakit jangka panjang, menurunkan stres, dan meningkatkan kesehatan mental. Berolahraga dapat membantu Anda mengendalikan berat badan dan menurunkan lemak tubuh, tetapi efeknya lebih luas termasuk meningkatkan aliran darah dan fungsi jantung, penurunan tekanan darah, pengurangan peradangan, dan peningkatan penggunaan glukosa (gula darah).


4. Menghindari Rokok

Hindari merokok jika Anda ingin hidup lebih lama dengan kesehatan yang baik. Merokok berdampak pada hampir setiap organ tubuh dan terkait dengan kualitas hidup yang lebih rendah dan lebih pendek.

Setiap batang rokok meningkatkan peluang Anda terkena berbagai jenis kanker, penyakit jantung, dan diabetes, jadi tidak ada tingkat merokok yang aman. Anda dapat merasakan manfaat langsung dari berhenti merokok pada usia berapa pun, bahkan jika Anda merokok selama bertahun-tahun.


5. Menjaga Kesehatan Mental dan Hubungan Sosial


Berbicara tentang cara hidup lebih sehat dan lebih lama biasanya hanya berfokus pada kesehatan fisik. Namun, selain itu pentingnya kesehatan mental dan spiritual telah menjadi salah satu penemuan terpenting dalam sepuluh tahun terakhir. Orang-orang yang kesepian dan terisolasi secara sosial akan secara rentan memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi, serta beberapa risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke, demensia, kecemasan, dan depresi.


Itulah 5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat Hingga Usia Lanjut. Dengan selalu menjaga kesehatan setidaknya kita selalu menyayangi tubuh dan selalu menjaga kesehatan mental merupakan hal penting agar panjang umur dan tetap sehat di usia tua.