Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini, Jangan Sampai Terlambat !

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu penyebab utama kematian adalah penyakit jantung. Beberapa faktor risiko tidak dapat diubah, seperti riwayat keluarga, jenis kelamin, dan usia, tetapi kesehatan jantung sangat bergantung pada perubahan gaya hidup yang mudah dilakukan. Gaya hidup berdampak lebih besar dibandingkan genetika dan kebanyakan penyakit jantung dapat dicegah.

Terdapat tujuh cara yang mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut beberapa cara tersebut :

7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

1. Menghindari rokok dan penggunaan tembakau

Meskipun seseorang bukan perokok, seseorang harus menghindari asap rokok; berhenti merokok atau menggunakan produk tembakau tanpa asap adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan jantung.

Perokok pasif, yang tidak merokok tetapi menghirup asap rokok orang lain, memiliki risiko penyakit yang lebih tinggi. Asam rokok menurunkan jumlah oksigen dalam darah, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, merusak jantung.


2. Melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 hingga 60 menit setiap hari

Penyakit jantung dapat dikurangi dengan berolahraga secara teratur dan rutin. Berolahraga juga membantu mengontrol berat badan. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terkena tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, dan kondisi lain yang dapat membebani jantung.

Jika Kalian sudah lama tidak bergerak, mulailah bergerak sedikit demi sedikit untuk mencapai tujuan Kalian. Secara umum, tujuan yang direkomendasikan yaitu durasi 150 menit setiap minggu untuk aktivitas aerobik sedang (berjalan cepat, contohnya) dan duarsi 75 menit setiap minggu untuk latihan aerobik berat seperti berlari. Kemudian disertai dengan dua sesi latihan kekuatan atau lebih setiap minggu.


3. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung

Jantung dapat dilindungi dengan cara mengontrol tekanan darah dan kolesterol, dan menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang baik untuk jantung diantaranya :

  • Sayuran dan buah-buahan
  • Kacang-kacangan atau polong-polongan
  • Daging dan ikan tanpa lemak
  • Produk susu rendah lemak atau bebas lemak
  • Biji-bijian
  • Sumber Lemak sehat seperti minyak zaitun dan buah alpukat


Selain asupan makanan yang baik bagi jantung, perlu juga memperhatikan beberapa bahan makanan yang tidak baik bagi kesehatan jantung dan sebisa mungkin dapat dikurangi, yang meliputi :
  • Makanan yang mengandung banyak natrium atau garam
  • Gula atau minuman manis
  • Karbohidrat olahan
  • Alkohol
  • Makanan yang sangat diproses, seperti daging olahan, lemak jenuh dan lemak trans


4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal


Kelebihan berat badan meningkatkan risiko penyakit jantung karena berat badan berlebih menyebabkan kondisi seperti hipertensi, kolesterol, dan diabetes.

Selain itu, penurunan berat badan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Mengurangi berat badan sebesar 3-5 persen dapat membantu menurunkan trigliserida, lemak darah tertentu, dan gula darah, yang juga disebut glukosa sehinggi. Ini dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Tekanan darah dan kolesterol darah dapat dikurangi dengan mengontrol berat badan.

Seseorang dianggap kelebihan berat badan atau obesitas dengan menggunakan indeks massa tubuh (BMI). Indeks BMI 25 atau lebih tinggi dianggap kelebihan berat badan. Secara umum, hal ini dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih tinggi, kolesterol yang lebih tinggi, dan risiko yang lebih besar untuk penyakit jantung dan stroke.

Lingkar pinggang juga dapat digunakan untuk mengetahui berapa banyak lemak perut Anda. Risiko penyakit jantung meningkat dengan ukuran pinggang yang lebih besar dari 40 inci (101,6 cm) Untuk pria dan 35 inci (88,9 cm) Untuk wanita.


5. Tidur Cukup dan Berkualitas


Orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

Untuk lebih mudah tidur, buat jadwal tidur dan patuhinya. Untuk melakukannya, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Selain itu, buat kamar tidur gelap dan tenang.


6. Menjaga Kesehatan Mental dan Hindari Stres


Tekanan darah dan faktor risiko penyakit jantung lainnya dapat meningkat sebagai akibat dari stres yang berlebihan. Beberapa orang juga menggunakan cara yang tidak sehat untuk mengatasi stres, seperti makan berlebihan, minum alkohol, dan merokok.

Kelola stres dengan cara yang baik, seperti berolahraga, bermeditasi, berolahraga, dan berkonsentrasi, akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami stres yang signifikan.


7. Rutin Melakukan Tes Medical Check Up


Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat merusak pembuluh darah dan jantung, tetapi seseorang tidak akan mengetahuinya jika tidak memeriksanya.

Untuk mengetahui berapa angka yang dimiliki seseorang dan apakah perlu dilakukan tindakan, tes kesehatan rutin yang dapat dilakukan meliputi cek Tekanan darah, tingkat kolesterol, dan tingkat diabetes tipe 2.


Itulah tujuh cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Karena jantung merupakan salah satu organ penting bagi tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan jantung untuk meminimalisir resiko penyakit yang tidak diinginkan.