Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Buah Bernutrisi Tinggi untuk MPASI Bayi 6 Bulan Pertama

MPASI atau Makanan pendamping ASI adalah makanan bergizi seimbang yang diberikan kepada bayi usia antara 6 dan 24 bulan dengan takaran tertentu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. MPASI juga merupakan makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga, tetapi tidak serta merta menggantikan peran ASI sepenuhnya.

ASI saja tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang semakin meningkat seiring bertambahnya usia. MPASI juga membantu bayi belajar mengunyah dan menelan makanan, yang merupakan bagian penting dari kebutuhan gizi bayi. Bayi harus makan makanan yang lembut, halus, dan mudah dicerna untuk MPASI yang sehat.

Salah satu MPASI yang bernutrisi tinggi untuk bayi adalah buah-buahan., namun tidak semua buah cocok untuk MPASI. Berikut ini rekomendasi buah bernutrisi tinggi untuk MPASI.

1. Buah Alpukat

Alpukat

Buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, termasuk mengurangi anemia hingga kadar kolesterol tinggi pada orang dewasa. Selain itu, buah alpukat baik untuk MPASI bayi 6 bulan yang mulai belajar makan.

Buah alpukat membantu pencernaan bayi, perkembangan tubuh dan otaknya, dan memiliki banyak kalori, karbohidrat, dan lemak yang membantu bayi menambah berat badan atau menjaga berat badannya tetap stabil. Antioksidan dan lutein yang terkandung dalam alpukat membantu menjaga kesehatan mata dan kemampuan penglihatan bayi. Buah alpukat yang lembut ini sesuai dengan usia MPASI bayi dan dapat ditambahkan ke ASI.


2. Buah Pisang

Pisang

Sejak lama, ibu-ibu telah merekomendasikan pisang sebagai buah terbaik untuk awal MPASI bayi karena pohon pisang mudah ditemukan, murah, dan bergizi. Pisang memiliki kandungan kalium dan magnesium yang baik untuk tubuh, serta dua kali lebih banyak karbohidrat dan lima kali lebih banyak vitamin A daripada apel.

Untuk memulai MPASI untuk bayi berusia enam bulan, buah pisang yang manis dan lembut adalah pilihan yang bagus. Buah pisang juga dapat menjadi variasi buah yang menyenangkan untuk MPASI bayi. Karena kaya akan serat, buah pisang sangat baik untuk melancarkan metabolisme tubuh dan membantu bayi membersihkan kotoran dengan mudah tanpa menggunakan banyak obat. 


3. Buah Apel

Apel

Pada awal MPASI bayi enam bulan, sajikan buah apel yang dikupas dan disaring atau kukus dengan tekstur lembut. Pastikan untuk memilih buah apel manis. Karena apel kaya akan nutrisi vitamin C dan K, serat, kalium, dan berbagai mineral, apel dapat menjadi buah yang bagus untuk bayi memulai MPASI mereka. Selain itu, karbohidrat apel menawarkan energi dan antioksidan yang membantu melindungi sel dari radikal bebas.

Dengan kata lain, "satu apel setiap hari menjauhkan dokter". Dengan banyak vitamin C, buah apel membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Apel disarankan sebagai buah MPASI awal untuk bayi berusia enam bulan. 


4. Buah Naga

Buah Naga

Bayi akan menyukai buah naga yang berwarna cerah, manis, dan berair. Karena kandungan serat dan airnya, buah naga adalah pilihan yang bagus untuk buah pertama MPASI bayi berusia enam bulan.

Buah naga mengandung banyak vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi untuk membantu pertumbuhan tulang bayi. Karena kandungan antioksidannya, buah naga adalah pilihan yang baik untuk awal MPASI karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Potong buah naga menjadi potongan kecil, kemudian saring untuk membedakan biji dan airnya. Beri bayi 6 bulan buah naga dengan alpukat atau pisang. 


5. Buah Pepaya

Pepaya

Buah pepaya, yang murah dan mudah ditemukan di mana-mana, juga mengandung serat yang baik untuk sistem metabolisme tubuh bayi. Pepaya, yang kaya vitamin A dan vitamin C, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi. Karena vitamin E yang tinggi, pepaya adalah buah yang bagus untuk MPASI bayi berusia enam bulan.

Untuk buah MPASI bayi 6 bulan, berikan pepaya yang sudah matang dan manis dengan tekstur yang dihaluskan terlebih dahulu. Pepaya yang kaya nutrisi ini akan disukai oleh bayi di usia enam bulan pertama. 

6. Biah Pir

Pir

Untuk awal MPASI bayi enam bulan, jangan berikan buah yang terlalu asam. Buah pir, yang memiliki tekstur yang mirip dengan apel, adalah pilihan lain. Bayi suka makan buah pir karena rasanya yang manis dan segar dan banyak mengandung air. Mereka juga mengandung banyak kalium, fosfor, vitamin C, dan kalsium yang baik untuk perkembangan bayi Anda.

Untuk menu MPASI awal bayi enam bulan, Anda dapat menyajikan buah pir yang dikupas, dipotong kecil, dikukus, dan dihaluskan dengan saringan.